PENGERTIAN IP ADDRESS PADA JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

01.01 Muhammad Nur Huda 0 Comments

Pengertian IP Address adalah bilangan biner yang secara unik mengidentifikasi komputer dan perangkat lain pada TCP / IP network. Terdapat dua jenis Ip address yaitu ip address private yang digunakan pada jaringan area lokal (LAN) dan ip address publik yang digunakan di Internet.

Ada Dua standar pengalamatan IP address yang digunakan saat ini. Standar IPv4 yang paling familiar bagi masyarakat dan mendukung di hampir semua perangkat jaringan komputer saait ini,dan standar IPv6 secara bertahap menggantikan Ipv4. Alamat IPv4 terdiri dari empat byte (32 bit), sedangkan alamat IPv6 adalah 16 byte (128 bit).
Ip address dirancang untuk memungkinkan satu komputer (atau perangkat digital lainnya) untuk berkomunikasi dengan yang lain melalui Internet maupun intranet. Ip address memungkinkan miliaran perangkat digital terhubung Internet dan di bedakan satu sama lain. Dalam arti yang sama bahwa seseorang membutuhkan alamat Anda untuk mengirimkan surat, begitu juga komputer membutuhkan alamat IP untuk berkomunikasi dengan komputer yang lain.
“IP” singkatan dari Internet Protocol, sehingga alamat IP adalah alamat Internet Protocol. Apa artinya? Internet Protocol adalah seperangkat aturan yang mengatur aktivitas internet dan memfasilitasi penyelesaian berbagai tindakan pada World Wide Web. Oleh karena itu alamat Internet Protocol adalah bagian sistematis ditata jaringan interkoneksi yang mengatur komunikasi online dengan mengidentifikasi kedua perangkat memulai dan berbagai tujuan Internet, sehingga memungkinkan kedua perangkat dapat saling berkomunikasi.
Apa Itu IP Address Public ?
IP address dianggap publik jika jumlah IP yang valid dan berada di luar salah satu alamat rentang IP disediakan untuk penggunaan pribadi oleh kelompok standar Internet. Alamat IP publik yang digunakan oleh server internet termasuk untuk situs web dan server DNS ), router jaringan atau komputer yang terhubung langsung ke Internet melalui modem .
Setiap IP publik ditugaskan untuk berbagai atau blok alamat. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur kepemilikan ini rentang IP dan memberikan masing-masing blok organisasi seperti Internet Service Provider (ISP) yang pada gilirannya mengalokasikan addreses IP individu kepada pelanggan.
Apa Itu Alamat IP Private ?
Menggunakan alamat IP pribadi pada komputer atau bisnis dapat meningkatkan keamanan jaringan dan menghemat ruang pengalamatan publik. Apa alamat IP pribadi terlihat seperti? Apa alamat IP rentang memenuhi syarat sebagai pribadi? Sebuah alamat IP dianggap pribadi jika nomor IP termasuk dalam salah satu dari alamat rentang IP disediakan untuk penggunaan pribadi oleh kelompok standar Internet. Ini kisaran alamat IP pribadi ada:
10.0.0.0 melalui 10.255.255.255
169.254.0.0 melalui 169.254.255.255
172.16.0.0 melalui 172.31.255.255
192.168.0.0 melalui 192.168.255.255
Perangkat dengan alamat IP private tidak dapat terhubung langsung ke Internet. Demikian juga, komputer di luar jaringan lokal tidak dapat terhubung langsung ke perangkat dengan IP pribadi. Sebaliknya, akses ke perangkat tersebut harus ditengahi oleh router atau serupa perangkat yang mendukung Network Address Translation (NAT) .NAT menyembunyikan nomor IP pribadi tetapi secara selektif dapat mentransfer pesan ke perangkat ini, memberi lapisan keamanan untuk jaringan lokal.
Selain ip address Publik dan private (pribadi) terdapat jenis ip address dinamis dan static, maksudnya ip dinamis adalah ip adress yang dapat berbuah – ubah sedangkan ip address static tidak akan berubah ubah. Berikut penjelasan ipaddress static dan ip address dinamis.
Penjelasan ip address dinamis !
IP address dinamis bersifat sementara dan berubah setiap kali komputer mengakses Internet. IP address dinamis, pada dasarnya di ambil dari kumpulan alamat IP yang dibagi di antara berbagai komputer dan sudah ditetapkan sebelumnya sistem ini biasanya di tangani oleh sistem DHCP. Karena sejumlah alamat IP statis banyak yang tersedia, banyak ISP menyisihkan sebagian dari alamat yang ditugaskan untuk berbagi di antara pelanggan mereka dengan cara ini. Hal ini akan menurunkan biaya dan memungkinkan mereka untuk melayani pelanggan jauh lebih banyak dari pada menggunakan ip static.
Penjelasan ip address Statis !
Alamat IP statis umumnya lebih disukai untuk keperluan seperti VOIP (Voice over Internet Protocol), game online, atau tujuan lain di mana pengguna harus membuatnya mudah bagi komputer lain untuk mencari dan terhubung ke mereka. Akses mudah juga dapat difasilitasi dengan menggunakan alamat IP dinamis melalui penggunaan layanan DNS dinamis, yang memungkinkan komputer lain untuk menemukan Anda meskipun Anda mungkin menggunakan sementara, alamat IP satu kali.
Alamat IP statis dianggap agak kurang aman daripada alamat IP dinamis, karena mereka lebih mudah untuk melacak untuk keperluan data mining. Namun, mengikuti praktik Internet yang aman dapat membantu mengurangi potensi masalah ini dan menjaga komputer Anda aman tidak peduli apa jenis alamat IP yang Anda gunakan.

0 komentar: